.

Rabu, 03 Februari 2010

Penyebab Lambatnya Komputer

Wew , Lama Juga dah gak update blog,,
Maav yah kawan" q!!
Coz kmaren lagi sibuk audisi sulap ,,, hhhheee
cz cita-cita ku slain ingin jadi programmer tapi ingin jadi magician!!
Oke langsung to the Point :

Seringkali tanpa kita sadari kinerja PC Komputer kita semakin menurun. Hal ini biasanya terlihat dari loading yang semakin lambat, berat dalam menjalankan program yang biasa kita pakai, bahkan seringkali beberapa program tidak dapat berfungsi sama sekali.

Dari berbagai artikel yang Didi baca guna mengatasi hal tersebut, ternyata kinerja PC yang buruk disebabkan beberapa hal yang kerap kita abaikan. Seperti pengelolaan Temporary File, Internet Cache, Recycle Bin, dan sebagainya.

Pada artikel Causes of poor PC performance, yang didi baca di web-articles.info ternyata informasi atas pengelolaaan file pada komputer dapat membantu kita mengatasi hal ini.

Pengelolaan Temporary File

Komputer secara alami menghasilkan berbagai macam file-file sementara, yang biasanya tersimpan baik sebagai back up ataupun dalam berbagai proses instalasi program. Namun ternyata file-file tersebut dapat menjadi sampah yang dapat memperberat kinerja PC. Hal ini dikenal juga sebagai ‘ Junk File “ atas semakin banyaknya file temporary pada System computer.

Pengelolaan Internet Cache / Cookies pada Web Browser

Web browser (misalnya Internet Explorer, dsb) biasanya membuat file-file sementara, sering disebut sebagai Internet Cache, selama browsing web. File temporer ini biasanya tidak diperlukan setelah Anda selesai surfing web, dan dapat mengambil sejumlah besar ruang pada hard drive anda. Oleh karena itu file ini, jika tidak dihapus secara berkala, dapat berkontribusi kinerja PC yang buruk. Jika Anda penasaran, Anda dapat melihat cache Internet Explorer: 1. Buka Internet Explorer, 2. Buka Internet Options dari menu Tools, 4. Klik View Files ..., 3. Klik Pengaturan ... di bawah Temporary Internet Files, 4. Klik View Files ...

Pengelolaan Recycle Bin

Ingat, file tidak benar-benar dihapus dari hard drive ketika Anda menghapusnya pertama kalinya. Sebagai contoh, menghapus file untuk pertama kali benar-benar mengirimkan mereka ke Recycle Bin.

Lalu dari sana Anda dapat secara permanen menghapusnya dari komputer Anda, atau jika Anda tahu bahwa mereka seharusnya tidak dihapus, Anda dapat memulihkan mereka. Anda dapat dengan mudah melihat isi Recycle Bin Anda:

1. Pergi ke desktop Anda.

2. Double klik Recycle Bin,

3. The Recycle Bin akan appear Windows File Sementara

Sistem operasi Windows dan aplikasi lain menciptakan file-file sementara untuk berbagai alasan, seperti selama instalasi perangkat lunak. Ini file-file sementara, Namun, biasanya tidak diperlukan setelah aplikasi keluar atau ketika Windows ditutup.

Dalam banyak kasus, aplikasi tidak selalu membersihkan diri mereka sendiri dan meninggalkan setumpuk berkas, yang akan menggunakan beberapa kapasitas hard disk komputer Anda >> junk files / file sampah.

Getting Out of Date / Update software

Microsoft merilis update untuk Windows secara periodik untuk memastikan PC Anda terlindung dari lubang keamanan yang diketahui terbaru dan bug atau kesalahan pemrograman. Selain itu, banyak dari pembaruan ini akan membantu meningkatkan performa PC Anda. Oleh karena itu Anda tidak boleh membiarkan Windows bisa keluar dari tanggal (out of date); jika tidak anda akan berkompromi keamanan dan kinerja PC Anda.

Pengelolaan File dan Program Terpakai

Program dan file yang tidak terpakai adalah salah satu kontributor terbesar untuk menyia-nyiakan ruang disk dan dapat menyebabkan penurunan performa PC Anda. Sebagai aturan umum, semakin sedikit ruang disk Anda menggunakan hard drive anda, semakin baik kinerja PC secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya untuk menghapus berbagai program software yang tidak digunakan dan file yang tidak anda perlukan lagi.

Pengelolaan Startup Programs

Banyak program perangkat lunak dapat menambahkan sendiri (dengan atau tanpa sepengetahuan Anda) ke folder Startup Anda, yang dapat menyebabkan PC Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai. Daya komputasi dari aplikasi lain yang Anda gunakan akan turut berperan serta dalam menurunnya kinerja PC Komputer anda, terutama saat loading pertama system bekerja. Jadi pada startup program anda harus memperhitungkan program mana yang perlu dimasukan pada saat startup system.

Valid Registry Entries

Registry berisi informasi bahwa Windows terus referensi selama operasi, seperti profil untuk setiap pengguna, aplikasi yang terinstal pada komputer dan jenis dokumen yang masing-masing dapat membuat, properti pengaturan lembaran untuk folder dan ikon aplikasi, hardware apa yang ada di sistem, dan port yang sedang digunakan. Ada banyak kunci registri khusus yang dapat memperlambat kinerja komputer.

Ini adalah kunci yang tidak sah biasanya berisi informasi tentang COM dan objek ActiveX. Objek ini adalah bagian dari program, dan ketika Anda menghapus program, tombol ini terkadang masih ada. Namun, jika kunci registri ini tidak dihapus mereka dapat berkontribusi lebih lambat kinerja PC. Berikut adalah beberapa wilayah di registry yang mungkin berisi kunci tidak valid:

• Invalid Class ID (CLSID)

• Program tidak valid Pengenal (PROGID)

• Jenis valid Libraries (TypeLib)

• Interfaces tidak valid

Kesalahan pada Hard Drive

Data dalam hard drive dapat menjadi korup dan mengandung kesalahan, seperti dari situasi berikut:

• Layak shutdown dari kekuasaan outage

• Power lonjakan

• PC tiba-tiba me-reset (buruk sambungan listrik atau persediaan)

• PC yang crash atau terkunci, sehingga shutdown adalah mustahil (crash)

Bila ada kesalahan dalam sebuah harddisk, performance komputer tidak dapat bekerja secara optimum. Secara khusus, kesalahan / kerusakan pada hard drive tidak akan terlihat oleh pengguna PC, yang membuat situasi lebih buruk lagi.

Fragmentasi File


Fragmentasi adalah kondisi di mana file dibagi menjadi beberapa bagian yang tersebar di seluruh hard drive dan dapat memiliki dampak signifikan pada kinerja PC. Hal ini karena dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mengakses file pada hard drive jika mereka terpecah-pecah. Berikut ini adalah penyebab fragmentasi:

• Instalasi software

• Menanggalkan lunak

• Memindahkan file

• Menghapus file


Nah, kiranya informasi diatas menggambarkan secara jelas kenapa kinerja PC sebuah komputer menurun. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam merawat PC komputer yang kita gunakan. Selain dapat memperpanjang usia komputer kita, tentunya akan mempermudah kita dalam segala aktifitas kerja kita.

Baca Juga Artikel Terkait Lainya

5 komentar:

  1. duh laptop ku udah mulai lola ni..

    BalasHapus
  2. thanks yah, kalo tips mengoptimalkan pc tolong posting lagi yah.....

    BalasHapus
  3. makasih atas infonya sob...........

    BalasHapus

Sempatkanlah sedikit waktu untuk mengomentari Postingan Blogku, karna orang yang baik , adalah orang yang meninggalkan Komentar setelah Membaca! Terima Kasih !!
Untuk yang tidak memiliki Account, silahkan pilih Beri komentar sebagai: Anomymous